Beranda > Informasi, Kesehatan Anak > Hukum Kartu ASKES

Hukum Kartu ASKES


Assalamu’alaykum

Afwan ustadz ada yg ingin ana tanyakan, bagaimana hukum Askes yg ada di lingkungan Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Dimana setiap pegawai dipotong gajinya tiap bulan untuk iuran tersebut dan mau tidak mau harus dipotong karena sudah termasuk dalam perhitungan gaji PNS.

Oleh karena itu, setiap PNS dapat mengurus pembuatan Kartu Askes yg nantinya bisa digunakan dalam pelayanan jasa kesehatan yg diselenggarakan oleh rumah sakit pemerintah atau swasta (yg ditunjuk) untuk mendapatkan keringanan biaya (bahkan ada yg gratis,tergantung pelayanan jasa keshatan yg digunakan). Dan Askes ini adalah program pemerintah untuk kesejahteraan PNS.

Gambarannya seperti ini

Misalkan Istri ana hamil, dan persalinannya dilakukan di rumah sakit pemerintah.

Biaya persalinan mencapai 6 juta rupiah (misal lahir dg operasi cesar).

Karena ana sebagai suami memiliki kartu Askes, maka biaya persalinan td ana hanya membayar 3 juta saja.

Apakah ini termasuk asuransi yg dilarang? Dan bagamana asuransi yg diperbolehkan dalam Islam?

Kemudian bagaimana potongan Askes yg ada dalam daftar gaji kita, karena mau tidak mau itu sudah termasuk dlm perhitungan gaji dan kita tidak bisa menolaknya.

 

Afwan ustadz kalo kata-kata ana di atas ada yang salah dan terlalu panjang

semoga Allah Subhana wa Ta’ala membalas kebaikan antum dan selalu menjaga antum.

Jazakallahu Khoir.

 

Jawaban :

oleh Al-Ustadz Dzulqornain bin Muhammad Sunusi

 

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabaraktuh

 

Asuransi kesehatan dengan bentuk disebutkan adalah hal yang tidak diperbolehkan dalam ketentuan syari’at kita. Sandaran pelarangan karena terdapat dalam asuransi tersebut sejumlah pelanggaran syari’at, yaitu :

1. Terdapat didalam perbuatan riba dengan dua jenisnya. Karena orang yang membayar asuransi akan mendapatkan jasa atau bayaran melebihi apa yang dia bayar. Dan ini disebut riba fadhal. Kemudian pembayaran atau tanggungan dari pihak asuransi didapatkan pada masa mendatang tatkala anggota asuransi memerlukannya. Dan ini disebut dengan nama riba nashi’ah.

2. Terdapat didalam perbuatan qimar yang diharamkan dalam syari’at kita. Karena orang yang membayar asuransi mungkin mendapat keuntungan dari keanggotaannya dan mungkin tidak mendapatnya. Itulah hakikat qimar yang diharamkan dimana seorang masuk dalam sebuah transaksi yang mungkin dia untung dan mungkin dia rugi, dengan memberi bayaran.

3. Terdapat didalamnya bentuk ghoror (ketidakjelasan). Sedang ghoror adalah yang terlarang dalam transaksi muamalat.

4. Terdapat didalamnya bentuk memakan harta manusia dengan kebatilan. Karena orang memakai jasa asuransi ketika mendapat bayaran yang lebih dari biaya keanggotaan yang dia keluarkan maka kelebihan biaya tersebut diambil dari bayaran anggota lainnya, sehingga kapan dia mengambilnya berarti dia telah memakan harta manusia tanpa haq.

 

Dan ada beberapa pelanggaran lainnya disebutkan oleh sejumlah ulama besar di masa ini sehingga mereka menfatwakan haramnya segala jenis asuransi kesehatan dan asuransi komersial.

 

Yang saya nesahatkan kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat yang tidak bisa terlepas dari kewajiban membayar asuransi agar senantiasa bertakwa kepada Allah dan hanya menggunakan sesuatu yang dihalalkan.

Siapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah niscaya Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.

Wallahu A’lam.

 

sumber : http://ummfulanah.wordpress.com/2009/08/04/askes-pada-pns/

  1. danang
    Agustus 11, 2011 pukul 11:24 am

    haaaaa……….. serius tad…??? trus solusinya buat orang2 yang memang ga punya dana cadangan untuk semacam ini gimana. askes-kan memudahkan dan meringankan beban bagi orang yg lagi sakit. gini aja deh klo ente bisa ngasih solusi buat orang2 macam itu ane mo dengar, jgn cm kasih dalil doank tp ga punya solusi. skarang ane tanya tu duit BAZIS yg dikumpul n sering pd ngasih di kotak infaq masjid dikemanain saat ada orang2 sekitar pd butuh, sakit misalnya ?/??? apa benar klo ada orang sakit yang kekurangan dana trus kita cuma bilang “sabar semua pati ada hikmahnya” “Allah ga akan memberikan cobaan yg melampaui kemampuan hambanya”, “ga usah pake askes, insyaallah Siapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah niscaya Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.”

    ckckckck…… sy kira tidak bijak kalau langsung dihantam dengan dalil dll, mbok ya dijelaskan secara rinci sistem askes itu bla..bla..bla…, kenapa kok Askes bisa membiayai orang-orang yang dijaminnya bla…bla..bla… baru deh ente masuk ke pembahasan secara syariat, jgn langsung hantam aja dgn riba, qimar, ghoror dll.

    “maaf sy termasuk orang yang resah dengan pemikiran anda”

  2. September 8, 2014 pukul 12:28 am

    Hello, all is going nicely here and ofcourse
    every one is sharing information, that’s in fact excellent, keep
    up writing.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s