Beranda > Kesehatan Anak > Tips Menjadikan Anak Suka Sayuran

Tips Menjadikan Anak Suka Sayuran


Ini sudah menjadi keluhan umum dari para orang tua ketika memberikan makan sayuran maka anak akan menutup mulutnya atau menolak memakannya. Memang membuat anak suka makan sayuran tidak mudah tetapi sebagai orang tua kita tetap harus mencoba membuat anak suka makan sayuran dan buah, karena sayur dan buah sangat baik buat kesehatan mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan.

Dan lagi dengan membuat anak suka makan sayuran maka kita membiasakan cara hidup sehat untuk anak kita yang akan bermanfaat bagi kesehatannya di masa yang akan datang.

Bagaimana membuat anak suka sayuran, sekali lagi tidak mudah tapi juga tidak terlalu sulit yang terpenting orang tua mau terus bersabar dan mencoba semua tips dan trik untuk membuat anak suka makan sayuran.

Dibawah ini beberapa tips untuk membuat anak suka makan sayuran:
Sejak dini.
Mulailah sejak dini memperkenal berbagai variasi makanan sayuran dan buah. Anda dapat memulai sedini mungkin sejak bayi mulai disapih.

Orang tua adalah contoh yang baik.
Nah bila orang tua mau anaknya suka sayuran, maka orang tua harus memberikan contoh bahwa merekapun suka makan sayuran. Makanlah sayuran – buahan dihadapan anak anda sehingga si kecilpun lama kelamaan akan tertarik untuk mencobanya. Bila orang tua tidak suka makan sayuran, bagaimana dengan si kecil dong?

Kreatifitas
Kadang sebagai orang tua kita harus lebih kreatif untuk membantu supaya anak kita suka makan sayuran, dengan membuat masakan sayuran tersebut menarik buat si kecil, jadi tidak selalu tampak sayuran hijau tapi buat sekreatif mungkin, misalnya memotong kecil-kecil lalu dapat di masukan ke mie, nasi tim atau roti isi dsb. Buatlah sekreatif mungkin sehingga anak menyenanginya.

Rasa yang enak
Yang satu ini juga cukup penting selain membuat menarik maka hidangkan rasa sayuran yang enak dan sedap membuat si kecil mau mencobanya lagi.

Snak buah yang menarik.
Snak buah yang menarik? Ya kenapa tidak mencoba menganti snak yang sehat, cobalah hidangkan snak buah anda semenarik, variasi warna dan variasi buah yang membuat sikecil tertarik untuk mencobanya juga dapat dengan membuat Puding dengan taburan buahan, salad buah, jus buahan dll.

Memotivasi BUKAN memaksa.
Tidak usah memaksa anak atau mengancam anak untuk memakan sayurannya, tapi cobalah memotivasi dengan menjelaskan bahwa sayuran itu baik buat kesehatan dll. Bila anak belum mau mencoba jenis sayuran tertentu, sisihkan dahulu dan cobalah kembali beberapa hari kemudian.

Diatas adalah beberapa tips untuk membantu anda membuat anak suka makan sayuran. Anda dapat memvariasikan semua tips yang anda ketahui dan dapatkan, sehingga dapat membuat si kecil tercinta suka makan sayuran.Semoga bermanfaat.

Salam,© 2005-Dr.Suririnah- www.myonlinerecipe.com

http://rumah-ku.blogspot.com/2005/09/tips-membuat-anak-suka-sayuran.html

Kategori:Kesehatan Anak
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s