Beranda > Uncategorized > Daging Mentah Yang Banyak Dihinggapi Lalat Justru Pertanda Daging Yang Segar

Daging Mentah Yang Banyak Dihinggapi Lalat Justru Pertanda Daging Yang Segar


Inilah tips yang banyak dari kita tidak mengetahuinya. Bahkan apa yang kita yakini selama ini berbanding terbalik dengan tips berikut ini. Semoga bisa memberikan faedah.

Selama ini, masyarakat banyak yang beranggapan bahwa segala makanan yang dihinggapi oleh lalat berarti makanan itu sudah tercemar. Memang anggapan itu tak salah, karena memang lalat yang hinggap terkadang membawa kuman yang sering terbawa pada makanan yang dihinggapinya. Sehingga hal ini memunculkan anggapan baru bahwa makanan yang dihinggapi lalat adalah makanan yang tak sehat.

Namun anggapan ini kurang tepat bila diaplikasikan pada daging mentah. Banyak orang awam yang tak mau membeli daging mentah di pasar karena dagingnya dipenuhi dengan lalat. Padahal daging mentah yang dipenuhi lalat itu justru adalah daging segar.

Lalat secara naluriah akan memilih daging yang segar untuk dihinggapi, karena aromanya sangat menarik bagi lalat. Justru daging yang jarang dihinggapi oleh lalat itulah yang malahan patut dicurigai, karena bisa jadi daging itu sudah diberi pengawet buatan atau formalin.

Lalat sangat benci dengan aroma bahan kimia, sehingga jarang sekali lalat mau hinggap pada daging mentah yang sudah diberi formalin atau pengawet buatan lainya. Intinya, daging yang dipenuhi lalat bukan berarti tak sehat, tapi justru itu menandakan tingkat kesegaran daging mentah tersebut.

Subhanaalloh. Begitulah Allah menciptakan makhluk-Nya walau hanya seekor lalat yang bagi kita adalah menjijikkan. Ternyata Allah menciptakan lalat dengan hikmah yang begitu besar. Bahkan makhluk ini adalah salah satu makhluk yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Lalat di Dalam al-Qur`an

Lalat yang di dalam bahasa Arabnya, “adz-Dzubab” disinggung dalam satu ayat, yaitu ayat 73, surah al-Hajj. Allah  berfirman, artinya, “Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalat pun. Walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah.” (QS.al-Hajj:73)

Lalat di Dalam Hadits Nabi shallallahu ‘alahi wasallam

Bilamana di dalam al-Qur`an hanya disebutkan dalam satu ayat saja, maka di dalam hadits nabi shallallahu ‘alahi wasallam penyebutannya lebih banyak. Salah satunya, terkait dengan adanya ‘dualisme’ dalam diri lalat itu. Artinya, di satu sisi pada dirinya itu terdapat racun, namun di sisi yang lain justru sebagai penawarnya alias pada kedua sayapnya.

Di antara hadits-hadits itu adalah sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam bersabda, “Jika lalat terjatuh di minuman salah seorang di antara kamu, maka benamkanlah ia, kemudian lepaskanlah (buanglah), karena pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap yang lainnya terdapat obat (penawar).” (HR. al-Bukhari). Hadits mengenai hal ini cukup banyak dan dipaparkan dengan redaksi yang hampir mirip.

Dari makhluk yang kecil ini, Allah menjadikan hikmah yang luar biasa bagi manusia. Adakah orang-orang yang mau memikirkan?

Sumber :

sekedar-tahu.blogspot.com

https://alqiyamah.wordpress.com/2008/05/28/kekuasaan-allah-pada-seekor-lalat/

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s