Beranda > Kesehatan Anak > Bahaya Racun Timbal Pada Mainan Anak

Bahaya Racun Timbal Pada Mainan Anak


Hati-hati terhadap mainan yang sedang dipegang anak anda !
Ada bahaya besar yang tersembunyi dibalik riangnya anak anda bermain setiap hari…

Hal ini terbukti dengan adanya berbagai temuan di masyarakat. Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Jakarta beberapa waktu lalu, telah mengklaim bahwa banyak mainan anak mengandung racun timbal. Hasil uji coba laboratorium mereka menyatakan, unsur timbal yang terdapat pada mainan itu sangat tinggi dan telah melewati ambang batas yang diijinkan untuk kesehatan tubuh manusia (90-100 mg/kg). Mengacu pada uji laboratorium tersebut, kandungan kadar timbal pada mainan anak mencapai hingga 300-400 mg/kg. Pada salah satu sampel, mainan plastik miniatur tentara dan mobil-mobilan didapat hasil 396 mg/kg kadar timbal yang terkandung didalamnya.

Mengapa Timbal berbahaya pada anak ?

Pada dasarnya unsur timbal banyak digunakan sebagai bahan pembuatan cat / pewarna pada mainan anak. Timbal termasuk salah satu bahan logam yang berbahaya bagi kesehatan selain dari logam Merkuri. Pada beberapa waktu yang lalu, racun merkuri banyak ditemukan pada berbagai produk kecantikan dan kulit. Kandungan kadar timbal yang tinggi pada mainan anak sangat beresiko terhadap perkembangan pertumbuhan anak. Hal ini dikuatkan oleh Dr. Riki Tenggara, SPD (dokter spesialis penyakit dalam terkemuka di Jakarta), yang menyatakan adanya 3 bahaya utama racun timbal pada anak :

  1. Dapat menyebabkan keracunan kronik pada otak dan pembuluh darah/syaraf tubuh. Kandungan timbal yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya penurunan perkembangan intelegensia dan rentan terhadap ketidaksimbangan sistem syaraf tubuh.
  2. Dapat menyebabkan penyakit pernafasan dan pencernaan akut. Unsur timbal beresiko tinggi merusak kerja sistem metabolisme tubuh (ginjal, hati dll) serta menyebabkan infeksi pada system pernafasan.
  3. Dapat menyebabkan melemahnya kerja zat-zat pembangun tulang pada tubuh anak. Hal ini dapat merusak struktur kandungan tulang tubuh anak pada masa pertumbuhannya, sehingga berpotensi menyebabkan kerapuhan tulang(osteophorosis).

Bagaimana racun timbal pada mainan dapat masuk ke tubuh anak ?

Dengan semakin menariknya ragam bentuk dan warna mainan, tentu akan membuat anak-anak sangat menyukai bermain dengan mainan tersebut. Apalagi dewasa ini, sebagian besar mainan anak terbuat dari bahan plastik dan karet. Namun, anda harus berhati-hati dan waspada terhadap perilaku anak saat bermain.Kebiasaan anak bermain dengan menghisap/mengulum serta mencium/menghirup bau mainan merupakan POTENSI UTAMA penyebab keracunan timbal pada anak. Menurut Dr. Riki Tenggara, SPD racun timbal dapat masuk ke tubuh melalui saluran pernafasan, saluran pencernaan dan kulit . Walaupun resiko “infect” melalui kulit sangatlah kecil persentasenya.

Mengacu pada besarnya dampak racun timbal pada anak-anak, masih banyaknya mainan anak yang mengandung kadar timbal yang tinggi membuat banyak anak di Indonesia rentan mengalami kemunduran perkembangan kesehatan tubuh. Belum kuatnya peraturan baku standart kandungan logam pada mainan anak dan lemahnya Pemerintah (departemen Bea Cukai) membatasi arus impor barang tersebut membuat masalah ini semakin memprihatinkan. Padahal dibutuhkan keseriusan yang tinggi dari Pemerintah guna meminimalisir peredaran mainan impor yang mengandung racun timbal.

Sementara di Amerika, Jepang dan berbagai Negara di Eropa telah melarang keras dan memboikot ketat masuknya mainan anak yang mengandung timbal. Bahkan Negara-neagara tersebut tidak lagi mau menerima impor mainan dari China. Ironisnya, malah di Indonesia produk mainan buatan China menguasai pasaran mainan anak-anak. Bahkan produsen mainan anak-anak lokal semakin tak berdaya menghadapi gempuran produk China.

Upaya kampanye penanggulangan pencegahan racun timbal pada mainan anak di negara Amerika, Jepang dan Eropa sangat aktif hingga saat ini. Keputusan Pemerintah mereka didukung berbagai lembaga pemerintah dan swasta hingga lembaga independent membuat terlindungnya anak-anak dari bahaya racun timbal.

Sudah saatnya kita aktif menyampaikan hal ini kepada masyarakat luas. Minimal anak anda dan anak-anak disekitar anda dapat terhindar dari bahaya racun timbal yang banyak terdapat pada mainan anak.

Kalo untuk racun merkuri pada produk kecantikan dan kulit kita bisa bertindak, mengapa tidak untuk racun timbal ?

sumber: http://khathirah.wordpress.com/2009/04/24/bahaya-racun-timbal-pada-mainan-anak/

Kategori:Kesehatan Anak
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s